4 Bahaya Air Minum Isi Ulang (Wajib diketahui)
09 February 2017, 09:15 WIB

Salah satu hal yang paling praktis adalah mengkonsumsi air minum yang dikenal dengan istilah kemasan galon untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari. Anda dapat dengan mudah membeli kemasan air galon ini dimanapun, baik toko besar ataupun toko kecil dengan berbagai macam merk nya.

Kebanyakan dari masyarakat memilih depo penyedia air minum isi ulang yang ada di pinggir jalan. Selain harganya yang jauh lebih murah, biasanya letaknya yang mudah dijangkau menambah popularitas air minum isi ulang tersebut. Namun ternyata, air minum isi ulang ini menyimpan bahaya bagi kesehatan. Pada dasarnya, hal ini karena proses sterilisasi peralatan air minum pada depot isi ulang, cukup rentan terhadap pencemaran bakteri.

Berikut ini beberapa bahaya air minum isi ulang yang banyak dikonsumsi :

1. Lokasi Depot Pengisian yang Terletak Di Pinggir Jalan Raya
Salah satu hal yang dapat membahayakan air minum isi ulang bagi konsumennya karena lokasi depot yang berada di pinggir jalan raya. Sudah menjadi rahasia umum, apabila jalan raya merupakan sumber polusi dan debu. Berbagai virus dan bakteri lain dapat mengganggu kesehatan tubuh, bahkan bisa menjadi penyebab penyakit paling mematikan. Kondisi depot yang tidak steril ini tentu saja kurang sehat. Tempat yang berdekatan dengan jalan raya akan membuat banyak bakteri masuk dan menempel pada peralatan yang digunakan oleh pemilik depot pengisian air minum tersebut.

2. Proses Pembersihan Galon yang Tidak Terstandar
Ketika akan melakukan proses isi ulang air minum, biasanya konsumen tidak mengetahui bagaimana cara pemilik depot air minum isi ulang tersebut membersihkan galon. Sikat yang biasa digunakan untuk membersihkan galon berada di luar ruangan dan berganti-ganti dengan yang lain.

Bagaimana hal tersebut bisa membuat galonersih dan steril dari kuman dan bakteri yang berbahaya? Hal ini malah akan membuat kuman dan bakteri menempel pada galon air minum.

3. Peralatan Pengisian Air Yang tidak Steril
Peralatan pengisian air, seperti pipa penyalur air, keran pengisian, dan tangki penampungan air, apakah pernah melihat kondisi kebersihannya? Pasti jarang sekali para konsumen dapat melihat hal tersebut. Dan hal ini tidak dapat diketahui bagaimana kondisi kebersihan peralatan tersebut.

Bahaya air minum isi ulang ini, terdapat pada bakteri apa saja yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh melalui air minum, yang berasal dari depot isi ulang tersebut.

4. Suplai Air Minum yang Tidak Jelas Asalnya
Apabila kita berbicara air mineral kemasan bermerek, kemungkinan akan dapat melihat sumber air yang digunakan oleh pabrik air minum tersebut. Namun ketika air yang berasal dari depot air minum isi ulang, apa anda tahu darimana suplai air minumnya berasal?

Apakah air tersebut sudah benar-benar murni dan siap dikonsumsi, atau malah masih mentah dan mengandung banyak bakteri yang masih hidup, dan siap meneror keluarga anda?