6 Fungsi Air dalam Tubuh
22 January 2017, 16:47 WIB

Saat rasa haus mendera kemudian menenggak segelas air, rasanya nyaman sekali. Tapi, manfaat air dalam tubuh tidak sesederhana hal itu.

Air merupakan komponen utama dalam sel tubuh, yaki sebanyak 60-70 persen. Beberapa organ tubuh pun mengandung air, seperti paru sebesar 90 persen, 82 persen pada darah, 80 persen padan kulit, 70 persen padan otak.

Sehingga penting sekali bagi tubuh untuk memenuhi asupan cairan dari air. Menurut salah satu penulis buku Pedoman Kebutuhan Cairan bagi Pekerja agar Tetap Sehat dan Produktif, dr. Maya Setyawati, MKK, SpOk kebutuhan asupan air putih setiap orang berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya aktivitas, iklim, pakaian yang dikenakan, lalu usia, keadaan sedang sehat atau sakit, serta faktor menyusui.

"Pada umumnya orang dewasa dengan aktivitas ringan yang bekerja di kantor berpenyejuk ruangan membutuhkan asupan cairan sebanyak 2,5 liter per hari, dimana sekitar 2 liter didapatkan dari air putih," terang dokter Maya dalam peluncuran buku Pedoman Kebutuhan Cairan bagi Pekerja agar Tetap Sehat dan Produktif di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Rabu (4/3/2015).

Semakin aktivitasnya berat ditambah udara panas, asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh semakin banyak.

Pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh mencegah timbulnya berbagai gangguan kesehatan serta membuat tubuh lebih bugar. Dokter Maya pun memaparkan fungsi air dalam tubuh diantaranya adalah:

1. Menjaga suhu tubuh
2. Memperlancar pencernaan
3. Media transportasi zat gizi dan oksigen lewat peredaran darah
4. Membantu sistem metabolisme tubuh
5. Memelihara kulit
6. Pelumas sendi